I Miss You… :'(

Hari ini, 14 Mei 2014 seharusnya kakak saya, Ardhi Surya Rowansyah, merayakan ulang tahunnya yang ke 29. Seharusnya. Tapi tak ada yang bisa dilakukan ketika Allah memutuskan untuk mengajaknya ‘pulang’ pada 2 Agustus 2009. Ya, mas Ardhi hanya bisa menikmati ulang tahunnya sampai usia 24 tahun saja. Selebihnya, kami hanya bisa merayakan dalam diam, keikhlasan, dan doa yang selalu mengiring dari dalam hati.

Mari cerita sedikit. Saya dan kakak saya ini kebetulan cuma selisih 14 bulan, jadi memang sering ke mana-mana sama-sama. Dari TK sampai SMA kita sekolah di tempat yang sama. Pas SMA bahkan pergi-pulang boncengan. Kuliah pun kita sama-sama di Semarang. Bedanya, jaman kuliah justru saya yang jadi senior, karena setelah selesai SMA saya langsung lanjut, dia istirahat dulu.

Pas di Semarang pun kita tinggal di satu rumah, ngurusin rental komputer milik Om saya yang ada di Semarang. Tiap 1-2 minggu sekali pulang ke Jogja naik motor. Berangkat Sabtu subuh, balik Semarang lagi Minggu sore atau Senin subuh.

Di hari ulang tahun terakhirnya, 14 Mei 2009, dia masuk rumah sakit di Semarang. Gejala tifus. Beberapa hari opname di RS Karyadi Semarang.

Beberapa bulan kemudian, di hari ulang tahun saya, ketika ledakan bom  JW Marriot menggoyang Jakarta dan menggagalkan rencananya nonton Manchester United vs Indonesia All Star, dia kembali masuk rumah sakit. Usus buntu kali ini. Rawat inap, operasi, masuk ICU, hingga akhirnya di tanggal 2 Agustus 2009, hari Minggu malam, berita duka itu datang. Memecah kesunyian malam itu menjadi tangis memilukan yang tak terelakkan. ‘Memaksa’ saya kehilangan status sebagai seorang adik. ‘Memaksa’ kami sekeluarga kehilangan anak lelaki satu-satunya. ‘Memaksa’ kelompok suporter Slemania Jojoba kehilangan leadernya. ‘Memaksa’ kami semua hanya bisa mendoakannya ketika teringat padanya.

Sekarang, setelah 5 tahun berlalu, di tanggal 14 Mei 2014 ini, saya cuma bisa berucap selamat ulang tahun mas Ardhi, kamu akan selalu menjadi seorang kakak dan teman yang paling keren. Dan kami selalu merindukanmu… :’)

Ya Allah ampunilah dosanya, sayangilah dia, maafkanlah dia, sehatkanlah dia, muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah kuburannya, mandikanlah dia dengan air es dan air embun, bersihkanlah dari segala kesalahan sebagaimana kain putih bersih dari kotoran, gantikanlah untuknya tempat tinggal yang lebih baik dari tempat tinggalnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya dan peliharalah dia dari siksa kubur dan siksa neraka. (HR Muslim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s