– Preambule –

Halo apa kabar? *halah*

Tanggal 20 Maret 2014 kemarin saya baru saja mendaratkan kaki kembali di Jogjakarta setelah hampir sebulan ada kerjaan di Flores, yang saya namai #26HariFloresLagi. Kenapa ada kata “Lagi” nya? Ya karena akhir tahun 2013 saya juga ada kerjaan selama 48 hari di sana, beberapa saya posting di sana, sini, dan situ. 😀

Sebenernya mirip dengan kegiatan yang kemarin, kali ini saya ke Flores juga dalam rangka ikut kegiatan survei yang diadakan oleh sebuah pusat studi salah satu universitas ternama di Jogja. Kalau tahun lalu ke Manggarai Barat dan Ende, kali ini saya ke Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat.

Lalu apa yang membedakan kegiatan sekarang dengan yang tahun lalu? Dari beberapa hal, yang paling berasa adalah masalah waktu dan tantangan lokasi. Sama-sama dilaksanakan di 6 kecamatan, meskipun berbeda, tapi waktunya kali ini amat sangat mepet, tiap kecamatan kami cuma diberi waktu 3,5 hari, bandingkan dengan 7 hari di kegiatan sebelumnya. Belum lagi medan yang susah dijangkau, mulai dari jalan terjal berbatu, jalan tanah merah yang susah dilewati, bahkan terputus, sehabis hujan, lokasi antardesa dan antardusun yang jauhnya astaghfirullah, dan sinyal yang entah sembunyi di mana.

Well, sebenernya tulisan ini cuma sekadar preambule saja. Saya masih mengumpulkan ide-ide yang akan saya tuliskan secara terperinci. Jadi tunggu saja nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s