Jalan Raya Saat Ini dan yang akan Datang, Amankah?

Saya baru saja sampai rumah, setelah dari tempat kerja saya di kota Jogja. Di jalan tadi saya melihat kecelakaan tunggal, sebuah sepeda motor terjatuh di jalan raya, pas di depan SPBU Ambarketawang Gamping. Yang menggiriskan adalah kecelakaan itu dialami oleh seorang ibu dan dua anak perempuannya. Si ibu tertindih sepeda motor maticnya, anak yg besar, sekitar umur 9tahun, terjatuh di sebelahnya, dan anak perempuannya yang kecil, sekitar 5tahun, berdiri di dekat ibunya sambil menangis, “ibu… Ibuuu…”
Dilihat secara fisik memang gak ada luka serius, tapi ya tetap aja namanya kecelakaan di jalan raya yang sedang ramai, pasti shock. Apalagi untuk anak2 itu, pasti jantung berdebar kencang, ditambah melihat kondisi ibunya yang tidak berdaya karena tertindih motor. Mungkin saja bocah2 itu akan mengalami trauma psikologis atau apalah itu namanya.
Jadilah saya, sepanjang sisa perjalanan pulang setelah melihat kecelakaan itu, kepikiran soal keamanan di jalan raya. Kok kayaknya jalanan sekarang ini makin gak aman, kendaraan makin banyak, motor semrawut, tukang ngebut juga segambreng. *Saya akui, saya pun suka ngebut kalo naik motor.* Kadang suka ngeliat bapak/ibu ngeboncengin anaknya yang masih kecil, dan para orang tua ini gak sadar kalo anak mereka terkantuk-kantuk di jok belakang. Kalo tiba2 jatoh, piye? Terus, kalo kayak kecelakaan yg tadi, satu anak duduk di depan, satu anak lagi di belakang, ribet pasti. Untung g bawa barang2, kalo iya, makin menyulitkan pasti. Menyulitkan bukan cuma buat si pengendara tapi juga pemakai jalan yang lain.
Terus tiba2 saya kepikiran, ntar kalo punya anak saya harus punya mobil, kasihan kalo anak2 saya menjadi korban kesemrawutan jalan raya. At least, menurut saya, mobil lebih aman ketimbang motor.

Hehehe… Kesimpulannya agak aneh emang, ya —”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s