Kangguru Pohon

Menurut ini dan itu, kangguru pohon adalah salah satu spesies hewan berkantung yang hidup di wilayah Papua. Hampir mirip seperti kangguru Australia, tapi dengan ukuran badan yang lebih kecil. Seperti namanya, kangguru pohon tinggal dan hidup di pepohonan. Salah satu jenis kangguru pohon adalah kangguru pohon mantel emas. Nah, jenis kangguru pohon mantel emas ini berstatus threatened, alias terancam punah. Jadi termasuk hewan yang dilindungi dari perburuan liar, dan sebagainya.

Buat yang belum tahu, penampakan kangguru pohon itu seperti ini.

image

Photo source: AP Photo, diambil dari sini 

Lucu ya, kayak boneka-boneka gitu. 😀

Terus apa sih sebenarnya poin dari cerita saya?

Jadi begini….

Pekerjaan saya membuat saya sampai ke salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Teluk Bintuni.

Nah, dalam suatu kesempatan, saya bersama beberapa teman satu tim ada kegiatan di salah satu SKPD di kabupaten tersebut. Long story short, pas tiba jam makan siang, kami ditawarin makan bareng pegawai2 di situ. Menunya standar, nasi, sayur *sayur apa saya lupa*, dan lauk daging. Pas makan, saya baru memperhatikan dagingnya. Dalam hati saya, “Ini daging kok teksturnya agak aneh ya.” Jadi, dagingnya itu masih tersisa sedikit rambut-rambut yang menempel, kurang dibersihkan. Saya mikir, ini daging apa. Daging babi gak mungkin, secara mereka tahu kami muslim, dan beberapa pegawai di kantor itu juga muslim. “Ah, paling daging rusa,” itu yang saya simpulkan. FYI, di Bintuni memang jarang daging sapi, jadi biasanya daging sapi diganti dengan daging rusa.

Selesai makan, salah seorang staf menghampiri saya, ngobrol-ngobrol.

“Sudah selesai makannya?”

“Sudah, Kak”

“Itu tadi yang kita makan daging kangguru pohon lho. Ada yang berburu dapat itu, jadi kita masak. Kalian boleh makan itu to?”

Ngeeeekkk… Saya bengong. Ragu-ragu saya jawab “Nggak apa2 kok, Kak”

Setelah staf itu pergi, saya masih bengong, mikir halal haram segala macam. Tapi akhirnya, ya sudah lah, saya nggak tahu ini. 😀

Dan baru beberapa waktu yang lalu saya tahu kalau kangguru pohon itu termasuk binatang langka yang terancam punah. Yah, meski saya juga nggak tau kangguru pohon yang dagingnya masuk ke perut saya itu jenis yang terancam punah atau jenis yang mana. —”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s